Sabtu, 05 September 2015

12 makanan penurun kolesterol tinggi secara cepat


12 makanan penurun kolesterol tinggi secara cepat

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol

Kolesterol  merupakan lemak dalam darah yang diproduksi oleh organ hati,yang dibutuhkan sel dalam tubuh. Ada 2 jenis kolesterol yaitu :
-        kolesterol LDL (low density lipoprotein dan  HDL (high density lipoprotein).
-     kolesterol HDL merupakan kolesterol yang baik bagi tubuh yang dapat mengkovensi vitamin yang larut dalam tubuh. HDL dapat mencegah kolesterol jahat yang mengendap di tubuh.

Makanan dan sayuran yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yaitu :
1.       Gandum
Gandum dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh, pengatur gula darah dan trigliserida darah. telah terbukti mengonsumsi gandum setiap hari secara rutin dapat menurunkan kolesterol sekitar 4-10 %. jika anda tidak suka mengonsumsi gandum secara langsung, olahan gandum seperti roti juga bisa dikonsumsi.

2.       Beras merah
Beras merah bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Beras merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena beras merah mengandung vitamin B, magnesium, selesium dan fitonutrien.

3.       Ikan tuna
Ikan tuna is tasty food can lower cholesterol in body. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh The American Heart Association, mereka merekomendasikan kepada pasien penderita kolesterol tinggi untuk memakan dua porsi ikan tuna setiap minggunya.'

4.       Bayam
Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam mengandung zat lutein yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Bayam juga bermanfaat melindungi jantung dari berbagai kerusakan dan mencegah lemak menempel pada pembuluh darah yang dapat membahayakan kondisi kesehatan tubuh.

5.       Seledri
Seledri mengandung antioksidan tinggi dan mampu menurunkan risiko penyakit jantung, serta mencegah oksidasi LDL. Seledri bisa dimakan dalam bentuk sup, tumisan atau bisa dalam bentuk juice.

6.       Buncis
Buncis sayuran rendah lemak. Buncis merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes sebagai resistensi insulin. Juice buncis sekitar satu gelas setiap hari akan membantu menurunkan LDL, trigleserida dan kolesterol jahat.

7.       Kedelai
Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang. Makanan berbahan kedelai lebih baik dimasak menggunakan minyak zaitun.

8.       Bawang putih
Bawang putih dapat menurunkan kolesterol tinggi. Bawang putih juga memiliki efek positif menjaga kesehatan jantung. Bawang putih bisa di campur dalam salad atau rempah dalam masakan.

9.       Kacang-kacangan
Kacang mede, almond, kenari, dan sayur kacang panjang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. Kacang panjang mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan penyerapan kolesterol dalam makanan. jenis kacang-kacangan seperti kacang mede, walnut dan hazelnut kaya vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Hati-hati mengonsumsi kacang-kacangan yang sudah diberi garam dan gula. Konsumsi kacang-kacangan secara teratur akan menurunkan kolesterol.

10.   Kacang hazelnut
Kacang hazelnut memiliki lemak monosaturated yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit sumbatan arteri jantung koroner.

11.   Ikan omega 3
Ikan kembung, sarden, tuna, trout, makarel dan salmon dapat menurunkan kolesterol jahat. Omega 3 baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan resiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak karena serangan jantung. Sumber omega-3 adalah minyak canola.

12.   Ikan salmon
Ikan salmon dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Ikan salmon mengandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan jantung. Agar kolesterol tidak meningkat hindari memasak dengan minyak. Ikan salmon memiliki omega 3 untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Konsumsi sekitar 2 porsi ikan salmon seminggu.


Source: http://www.disehat.com

                http://www.halosehat.com
  image source: http://www.hellodoctor.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar