Kamis, 27 Agustus 2015

pengertian diabetes



Diabetes merupakan salah satu penyakit tertua pada manusia. Penyakit ini sudah ada sejak zaman nenek moyang. Diabetes berasal dari bahasa yunani, yaitu diabetes yang artinya pancuran dan mellitus yang berarti madu atau gula.

kurang lebih Istilah diabetes menggambarkan gejala diabetes yang tidak terkontrol, yaitu banyak keluar air kencing yang mengandung kadar gula. Penyakit ini sering juga disebut kencing manis.
Secara definisi medis, istilah diabetes meluas kepada suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin.
Diabetes mellitus berkaitan dengan pengaturan kadar gula normal dalam darah. Pada kondisi normal kadar gula tubuh berkisar 70-110 mg/dL dan selalu terkontrol.

Setiap setelah makan terjadi penyerapan makanan seperti karbohidrat di usus dan kadar gula dalam darah akan meningkat sehingga memicu produksi hormone insulin oleh kelenjar pancreas. Kemudian sebagian besar gula dalam darah akan menyebar kedalam berbagai macam sel tubuh dan di gunakan sebagai energy dalam sel. learn about diabetes mellitus signs and symptoms it simple.

Kemudian sel otot menggunakan gula sebagai energy, sebagian disimpan sebagai glikogen dan sisanya akan diubah menjadi lemak dan protein.

Pada diabetes tipe 1 penyebab utamanya yaitu terjadinya kekurangan hormone insulin pada proses penyerapan makanan. jika insulin berkurang, maka kadar gula dalam darah akan meningkat. Gula dalam darah berasal dari makanan yang dikonsumsi diolah secara kimiawi oleh hati. Sebagian gula disimpan dan sebagian digunakan sebagai tenaga.
Hormone insulin berfungsi sebagai stabilizer alami terhadap glukosa dalam darah. Jika tejadi gangguan sekresi/produksi hormone insulin maka akan menyebabkan potensi terkena diabetes mellitus akan sangat tinggi.
Diabetes mellitus tipe 2 penyebab utamanya yaitu gangguan pada volume reseptor/penerima hormone insulin yaitu sel-sel darah.
Pada diabetes tipe 2 produktifitas hormone insulin bekerja dengan baik, namun tidak didukung oleh kuantitas volume reseptor yang cukup pada sel darah, atau biasa disebut resistensi insulin.
Beberapa factor yang menyebabkan resistensi insulin yaitu:
-          Obesitas
-          Kurang berolahraga
-          Diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat
-          Factor keturunan
Periksa secara rutin kondisi kesehatan anda, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati. prevent diabetes mellitus with healthy living

Source: http://www.klikdokter.com
image source: http://www.livescience.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar